Merek

Cara Mengurus Hak Paten Merek Dagang

Posted on

Sebagaimana yang kita tahu, makin lama zaman makin berkembang. Ada banyak sekali hal canggih yang dapat dimanfaatkan, entah itu untuk hal yang positif ataupun negatif. Tapi, terdapat hal negatif yang memungkinkan banyaknya pembajakan untuk temuan ataupun produk untuk meraup banyak keuntungan sepihak. Nyatanya, hal yang tidak baik semacam ini bakal merugikan. Ada banyak orang yang dirugikan. Yakni saja seperti pembeli, malah pencipta produk itu sendiri. Produk yang semestinya bisa diklaim untuk menjadi milik sebuah badan usaha, beberapa orang, ataupun individu malah dibajak. Produk yang dibajak ini pada biasanya tidak cuma sebatas di sejumlah deretan barang kelas menengah bawah. Malah, merk ternama juga dapat dibajak, hingga memunculkan produk palsu. Bila sudah seperti ini, sangatlah memungkinkan terdapatnya penurunan kualitas yang menjadikan pihak pembeli ataupun konsumen dirugikan.

Hak Paten

Kerugian ini dapat menjadikan satu ataupun beberapa orang tidak lagi memberi kepercayaannya kepada pihak produsen. Dengan begitu, jelas sudah jika pihak produsen pun dirugikan karena adanya pembajakan yang semacam ini. Apalagi, untuk banyak pihak produsen yang masih tetap belum mempunyai hak patennya. Mereka tidak mempunyai kedudukan yang kokoh di mata hukum bila memiliki maksud mengangkat masalah yang satu ini ke ranah hukum. Nah, itulah pentingnya memperoleh informasi cara mengurus hak paten merk.

Disamping itu, juga terdapat pihak produsen yang tidak tahu cara mengurus hak paten. Dengan wawasan yang masih tidak merata ini, maka pihak produsen bakal bisa menciptakan sebuah barang, jasa, ataupun keduanya yang masih tak pernah dipatenkan. Ketika diadakan pengecekan maka produk yang dijual bakal bermasalah. Kasus yang lain pun dapat seperti pihak produsen yang telah menyediakan barang, jasa, ataupun keduanya dengan baik. Kemudian, terdapat pihak lain yang ingin memakai merk sama dengan barang yang serupa.

Hak Kekayaan Intelektual

Maka, hal ini bakal dipermasalahkan. Bila tidak mempunyai hak paten, maka produsen itu tidak dapat berbuat apa-apa untuk melakukan pencegahan terhadap adanya tujuan lain dari orang ataupun pihak lain yang ingin memakai merk sama. Dari sinilah timbul gesekan yang bakal memunculkan sebuah masalah. Maka dari itu, untuk terhindar dari sejumlah kejadian yang tidak diinginkan semacam di atas, maka adanya hak paten begitu penting. Kamu dapat mengurus hak paten untuk mendapatkan sertifikat yang sah, hingga produk berbentuk barang, jasa, ataupun keduanya yang Kamu tawarkan bakal dapat dipertahankan serta dilindungi didalam mata hukum. Bagaimana Langkah Mengurus Hak Paten Merek? simak dan baca ini panduannya. Seperti yang kita tahu, paten merupakan sebuah bentuk perlindungan hukum bagi penemu dari penemuannya yang diberi dalam waktu tertentu. Kamu dapat mengurus hak paten dengan pergi langsung ke kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang paling dekat. Tapi, siapkan pula berkas yang dibutuhkan. Kamu harus mempersiapkan surat permohonan izin hak paten dengan tertulis dengan memakai bahasa Indonesia. Jangan lupa, lampirkan pula fotokopi KTP asli yang telah dilegalisir, fotokopi peraturan pemilikan bersama jika permohonan dari nama badan hukum, fotokopi akta pendirian, serta sejumlah dokumen lainnya yang juga merupakan surat pernyataan jika produk yang didaftarkan memang adalah punya Kamu. Bila sudah, isilah formulir permohonan yang telah tersedia. Isilah formulir itu dengan lengkap serta teliti, sama dengan data yang terdapat di dokumen Kamu. Kemudian, Kamu dapat membayar biaya pendaftaran sesuai dengan yang disepakati oleh pihak pusat. Didalam hal ini, berarti Kamu pun diwajibkan untuk mempersiapkan beberapa dana yang dipakai untuk dana administrasi tahapan mengurus hak paten.

Menurut informasi disini, Bila telah selesai melakukan seluruh prosedur di atas, Kamu bakal mendapatkan arahan lalu menunggu apakah permintaan disetujui ataupun masih terdapat hal yang lain yang musti dilakukan.Kamu harus tahu cara mengurus hak paten merk dagang walau bukan yang menjadi pihak yang bakal mengurus perizinan itu. Sekali pun bukanlah yang menjadi pihak pemohon, dengan tahu hal ini, Kamu bakal bisa memberi tahu kepada pihak yang masih tidak mempunyai pengetahuan yang berkaitan dengan topik ini. Karena, di luar sana masih banyak pebisnis kecil yang dapat menciptakan produk berkualitas ataupun temuan penting, tapi tidak tahu seberapa penting adanya hak paten yang alangkah baiknya untuk mereka urus. Dengan begitu, Kamu dapat ikut memiliki peran serta mengambil andil untuk menolong mereka mendapatkan perlindungan di mata hukum supaya yang dibuat ataupun ditemukan dapat bertahan serta tidak dirugikan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena, di zaman seperti saat ini, pasar dunia telah bersaing sengit dan Indonesia masuk kedalam masa itu. Dan untuk biayanya anda bisa lihat melalui url berikut.

Pendaftaran Merek Dagang

Banyak produk dari luar negeri yang mendukung untuk masuk serta menyaingi karya lokal, sedangkan buatan lokal sendiri sebetulnya dapat melebihi kualitas mereka.Itulah sejumlah hal seputar cara mengurus hak paten yang musti untuk Kamu tahu. Bila Kamu termasuk didalam pihak yang mempunyai produk penemuan tersendiri, maka pengurusan hak paten ada baiknya untuk Kamu lakukan sebelum telat. Walau pihak kompetitor tidak terus berasal dari luar, tapi tidak menutup kemungkinan jika oknum di luar sana yang tempatnya masih dapat dijangkau bakal melirik serta menggunakan produk Kamu untuk maksud ataupun keperluan tertentu. Bukankah amat disayangkan bila produk temuan Kamu tidak dipandang lalu malah dimanfaatkan oleh orang lain yang nanti bakal meraup banyak keuntungan karena menggunakan buah pikir Kamu? Selagi masih bisa, tidak ada salahnya untuk Kamu agar mencoba hal yang satu ini. Tahu seberapa penting untuk mengurus hak paten serta Kamu pun merealisasikan untuk kebaikan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.