Kuliner Khas Medan Yang Bikin Orang Medan Kangen Masakan di Rumah

Jalan-jalan ke Medan, menyaksikan pemandangan fantastis Danau Toba, tentu tidak lengkap tanpa ada agenda wisata kuliner di sekitar Kota Medan. Soalnya, menu Medan itu ngangenin. Sungguh, Kota Medan ialah kota yang kaya akan kuliner. Lihat aja, hampir setiap makanan dari pelosok Indonesia mendapatkan tempat di sudut-sudut kota yang terbesar ketiga Indonesia ini. Kuliner Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, maupun provinsi-provinsi tetangga di Sumatera, semuanya bisa kamu jumpai di Medan. Menurut satu diantara food blogger, Medan bagaikan kiblat kuliner Indonesia. Bila rusak rasa kuliner di Medan, maka rusak lah makanan Indonesia. So, kuliner apa aja yang wajib dicoba di Medan?

Lontong Sayur Medan

Lontong memang santapan yang umum didapatkan di Indonesia. Namun cuma di Medan olahan lontong menggunakan beraneka campuran. Menu makan pagi orang Medan itu terdiri dari kombinasi lontong, sambal teri kacang, mie, bumbu kacang, tauco, kuah sayur, dan tidak lupa krupuk merah putih. Ada pun yang menambahkan telor dan perkedel. Bila mau mencicipi Lontong Sayur Medan, kamu boleh mampir ke kedai Lontong Kak Lin di Jl. Teuku Cik Ditiro di hadapan SMA N 1 Medan. Kedai ini menghidangkan Lontong+Nasi Gurih yang mantap. Pilihan menunya beragam, yaitu rendang, telur, ayam dan masih ada banyak lagi.

Mie Gomak

Kuliner nikmat ini wajib dicicipi ketika di Medan. Inilah spaghetti khas tanah Batak. Mie ini adalah makanan khas Tapanuli juga Sibolga. Ada beberapa jenis Mie Gomak, yakni bumbu kacang, goreng atau rebus. Mie Gomak Bumbu Kacang ialah mie yang telah direbus disirami bumbu kacang, lalu ditaburi krupuk dan bawang goreng. Mie Gomak kuah pun hadir dengan kuah santen, bawang merah+putih, cabe merah, lengkuas, sereh, kemiri, kunyit, jahe, kelapa gongseng, juga andaliman. Sehabis itu ditaburi dengan bawang goreng, krupuk dan irisan kol, dan terkadang ditambah bakso, ayam, sosis, atau sayur sawi. Dimakan secara panas-panas, rasa pedas serta asamnya memang menyegarkan. Ada pula yang menyuguhkan Mie Gomak Rebus dengan jenis dua kuah; putih serta merah. Makin banyak kamu memasukkan kuah merah ke dalam miea, kian nendang rasanya. Nah, jangan cuma menelan air liur, jelajahi Kota Medan tuk menemukan Mie Gomak terenak!

Sate Padang Medan

Ada guyonan yang mengatakan, kenapa sate di Padang gak ada yang enak? Jawabnya, sebab semua yang enak telah beralih ke Medan! Rasa Sate Padang yang ada di Medan memang beda dengan yang berada di Padang. Rasa bumbunya kian pedas dengan ketupat yang rada kenyal. Disamping itu, pilihan dagingnya pun beragam. Ada daging sapi, kambing, usus sapi, Jeroan, kerang, dan batang lidah. Rasanya jelas beda-beda. Meskipun Sate Padang dapat ditemukan di bermacam-macam tempat di Medan, ada 2 tempat yang rasa satenya sangat mantap; Sate Padang Al Fresco yang ada di Komplek Pertokoan Berastagi, Jl. Gatot Subroto serta Sate Padang Jo Andah Jl. Setiabudi Nomor.229 C, Medan Selayang.

Es Krim Tip-Top

Nah, ini nih restoran es krim terlegendaris di Kota Medan. Resto yang telah berdiri semenjak 1934 ini memang mengandung resep es krim nikmat yang diwariskan secara turun temurun. Atmosfer restoran yang klasik bakal membawa kamu hanyut kedalam nostalgia zaman dulu. Es krim jadul era kolonial-pun berkesempatan kamu cicipi disana. Deretan nama es krim dari Inggris dan Belanda hadir didalam daftar menu. Sebut dari yang standard seperti Vanilla juga Tutti Frutti, sampai yang “unik” Ystaart, Moorkop juga Donauwellen Ice. Disamping es krim, Tip-Top pun dikenal karena kelezatan kuenya. Penasaran? Silakan merapat ke Restoran Tip Top di Jln. KL. Yos Sudarso Nomor.92 A-B atau Kesawan, dekat objek pariwisata rumah Tjong A Fie.

Related posts

Leave a Comment